Contoh banner 1

Thursday, 22 February 2018

KISI KISI USBN SD/MI 2017 -2018


KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

Jenis Sekolah             : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kurikulum                  : Irisan Kur 2006 & 2013
Alokasi Waktu           : 120 menit
Jumlah Soal                : 45 Pilihan Ganda; 5 Uraian
Tahun Pelajaran        : 2017/2018

NO
Lingkup Materi
Materi
Indikator Soal
No
Level Kognitif
Bentuk Soal
MEMBACA
1
Membaca
Nonsastra
Teks bacaan
·         Disajikan teks bacaan tentang lingkungan 3-4 paragraf, peserta didik dapat menentukan
o   kalimat utama
o   ide pokok
o   simpulan
o   pernyataan sesuai dengan isi
o   kalimat tanya
1
2
3
4
5
L1
PG

·         Disajikan paragraf penjelasan tentang energi listrik dan perubahannya, peserta didik dapat:
o   menjawab pertanyaan dengan kata tanya (bagaimana/Mengapa)
o   menentukan antonim
o   menentukan sinonim
6
7
8

L2
L1
L1
PG
Makna Kata/Istilah
·         Peserta didik dapat memaknai kata/ istilah dalam paragraf yang tersaji
9
L1
PG
Paragraf
·         Disajikan paragraf tentang kebersamaan dalam keberagaman, peserta didik dapat:
o    menanggapi isi paragraf
o   Menentukan makna kata dalam paragraf

10
11


L3
L1


PG
PG
MEMBACA


Kalimat pernyataan
·         Disajikan teks instruksi tentang penggunaan alat teknologi modern, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai
12
L3
PG
Prediksi isi teks
·         Disajikan teks penjelasan tentang energi alternatif, peserta didik dapat  memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
13
L1
PG
Jenis-jenis paragraf
·         Disajikan paragraf, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis paragraf tersebut
14
L2
PG


Persamaan/ perbedaan isi paragraf
·         Disajikan dua teks yang berbeda, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan isi teks
15
L2
PG
Makna tersirat
·         Disajikan paragraf peserta didik dapat menentukan makna tersirat paragraf
16
L3
UR
Teks bacaan
·         Disajikan teks 3 – 4 paragraf peserta didik dapat
o   melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
o   menjawab pertanyaan dengan kata tanya mengapa/bagaimana
17

18
L3

L2
UR

UR
2
Membaca
Sastra
Pantun
·         Disajikan pantun, peserta didik dapat menentukan
o    sampiran/ isi pantun
o   Menafsirkan pesan/amanat pantun

19
20

L1
L3

PG
PG
Cerita  anak
·         Disajikan cerita anak, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan kata tanya:
o   Bagaimana/mengapa
o   Menentukan tema cerita
o   Menentukan keteladanan tokoh cerita
o   Menentukan nilai moral positif dalam cerita
o   Menyimpulkan cerita
21
22
23
24
25
L2
L2
L2
L2
L3
PG
PG
PG
PG
PG
Cerita fiksi sejarah
·         Disajikan kutipan cerita fiksi sejarah, peserta didik dapat menentukan:
o    tokoh utamanya
o   sifat/watak tokoh
o   latar cerita
o   amanat cerita
26
27
28
29
L1
L1
L1
L2
PG
PG
PG
PG
Dongeng
·         Disajikan kutipan dongeng, peserta didik dapat
o    memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
o   Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
30
31
L3
L2
PG
PG
Makna simbol/ kias
·         Disajikan teks beserta gambar logo (Pramuka/Pos Indonesia/ Koperasi/Jaya Raya),  peserta didik dapat menentukan makna simbol/ kias dalam kalimat
32
L1
PG
MENULIS
3
Menulis Terbatas
Istilah
·         Disajikan teks pendek tentang lingkungan, peserta didik dapat melengkapi teks dengan istilah
33
L2
PG
Petunjuk penggunaan/ pemakaian
·         Disajikan susunan kalimat petunjuk penggunaan peralatan sekolah / peralatan kebersihan yang diacak, peserta didik dapat menyusun secara runtut
34
L2
PG
Kata
·         Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata
35
L2
PG
Petunjuk membuat sesuatu
·         Disajikan susunan kalimat petunjuk membuat sesuatu yang diacak, peserta didik dapat menyusun secara runtut
36
L2
PG
Teks Iklan
·         Disajikan gambar tentang pelestarian lingkungan, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat iklan
37
L2
PG
Peribahasa
·         Disajikan teks rumpang tentang nilai perjuangan peserta didik dapat melengkapi dengan peribahasa
38
L2
PG
Paragraf / teks deskripsi
·         Disajikan gambar makhluk hidup / lingkungan, peserta didik dapat menyusun paragraf deskripsi berdasarkan gambar
39
L3
UR
Kata baku
·         Disajikan kutipan pidato rumpang tentang hidup sehat, peserta didik dapat melengkapi dengan kata baku
40
L2
PG
Teks narasi
·         Disajikan beberapa kalimat yang diacak, peserta didik dapat menyusun menjadi paragraf narasi
41
L2
PG
MEMBACA


Membuat Laporan
·         Disajikan laporan rumpang tentang pengamatan gejala alam, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat
42
L2
PG
Paragraf deskripsi
·         Disajikan paragraf deskripsi tentang tumbuhan / hewan peliharaan, peserta didik dapat menentukan gambar yang sesuai
43
L2
PG
Kalimat pembuka Pidato
·         Disajikan teks pidato persuasif rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat
44
L2
PG
Ungkapan kata
·         Disajikan paragraf / kalimat, peserta didik dapat melengkapi dengan ungkapan
45
L1
PG
Penggunaan kata
·          Disajikan paragraf, peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan kata
46
L1
PG

Kata bentukan/ kata berimbuhan
·         Disajikan teks/kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata bentukan
47
L2
PG
Petunjuk penggunaan
·         Disajikan gambar barang elektronik, peserta didik dapat membuat paragraf petunjuk penggunaan
48
L3
UR
Penggunaan kata
·         Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penulisan/penggunaan kata
49
L3
PG
4
Menyunting kata/istilah, frase
Ejaan
·         Disajikan paragraf, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan ejaan pada paragraf
50
L2
UR
Tanda baca
·         Disajikan paragraf/kalimat, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan tanda baca pada kalimat
51
L2
PG
Penggunaan istilah
·         Disajikan paragraf/kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan istilah
52
L2
PG
Kata bentukan/ berimbuhan
·         Disajikan kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan kata bentukan/berimbuhan pada kalimat
53
L2
PG
Tata kalimat
·         Disajikan paragraf, peserta didik dapat memperbaiki tata kalimat pada paragraf
54
L2
PG










KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

Jenis Sekolah             : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran          : Matematika
Kurikulum                  : Irisan Kur 2006 & 2013
Alokasi Waktu           : 120 menit
Jumlah Soal                : 40 Pilihan Ganda; 5 Uraian
Tahun Pelajaran        : 2017/2018

NO
Lingkup Materi
Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
Bentuk soal
Nomor soal
1
Bilangan
Operasihitung
Bilangan cacah
L1
·      Peserta didik dapat  menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangancacah (minimal empat angka)
PG
1
L1
·      Peserta didik dapat menentukan hasi loperasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya
PG
2
L3
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaranyang melibatkan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah (operasihitungcampur)
UT
39
Operasi hitung bilangan bulat
L2
·      Peserta didik dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat (minimal tiga bilangan dua angka)
PG
3
L2
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
PG
4
Operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga

L2
·      Peserta didik dapat menghitung hasil operasi hitung penjumahan atau pengurangan  bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua
PG
5
L1
·      Peserta didik dapat menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan
PG
6
L3
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung  bilangan akar pangkat tiga
PG
7
KPK dan FPB
L1
·      Peserta didik menentukan FPBatau KPK daritigabilangan/duaangka
PG
8
L2
·      PesertadidikdapatmenentukanFPB atau KPK dari dari tiga bilangan/ dua angka dalam bentuk faktorisasi
PG
9
L3
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan FPB atau KPK
UT
40
Pecahan
L1
·      Peserta didik dapat mengurutkan berbagai bentuk pecahan
PG
10
L1
·      Peserta didik dapat menjumlahkan atau mengurangi berbagai bentukp ecahan
PG
11
L1
·      Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian bilangan pecahan
PG
12
L3
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaranyang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
UT
41


Perbandingan
L2
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan perbandingan senilai dengan tema tertentu
PG
13

L2
·      Peserta didik dapat menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan temate rtentu
PG
14


Satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum
L2
·      Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang   berbeda.
PG
15
L2
·      Peserta didik dapat menyelesaika nsoal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda
PG
16
L2
·      Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda
PG
17
L2
·      Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda
PG
18
L3
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan operasi hitung konvers isatuan volume yang berbeda
UT
42
L3
·         Peserta didik dapat  menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
UT
43


Luas dan keliling segi empat
Luas dan Keliling lingkaran
L2
·         Peserta didik dapat menentukan luas atau keliling bangun segi empat
PG
19
L2
·         Peserta didik dapat menentukan luas atau keliling bangun lingkaran atau bagian dari lingkaran (setengah, seperempat, atau tiga perempat)
PG
20


Sifat-sifat bangun datar
L1
·         Disajikan sifat-sifat bangun datar, peserta didik dapat menentukan bangun datar tersebut
PG
21`
L1
·         Disajikan gambar bangun datar, peserta didik dapat menentukan sifat-sifatnya.
PG
22
L2
·         Peserta didik dapat menghitung hasil luas gabungan dua bangun datar yang berbeda
PG
23



L3
·         Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan lua sbangun datar
PG
24


Sifat-sifat bangun ruang
L1
·         Disajikan sifat-sifat bangun ruang, peserta didik dapat menentukan bangun ruang tersebut
PG
25
L1
·         Disajikan gambar bangun ruang, peserta didik dapat menentukan sifat-sifatnya.
PG
26
L2
·         Disajikan gambar balok dengan ukurannya, peserta didik dapat menentukan luas permukaan bangun balok
PG
27
L2
·         Peserta didik dapat menghitung volum bangun balok atau kubus
PG
28
L2
·         Peserta didik dapat menghitung volum bangun tabung
PG
29
L2
·         Peserta didik dapat menghitung volum dari gabungan dua bangun ruang yang berbeda.
PG
30


L3
·         Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volum bangun ruang
UT
44
Koordinat Kartesius
L2
·         Peserta didik dapat menentukan salah satu koordinat bangun datar yangbelum diketahui
PG
31
Simetri dan pencerminan
L1
·      Peserta didik dapat menentukan hasil pencerminan bangun datar
PG
32
L1
·      Peserta didikdapat menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu bangun datar
PG
33
3
Pengolahan Data
Penyajian data dalambentuktabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
L2
·         Disajikan data tentangkegiatanekonomi, pesertadidikdapatmenyajikan data tersebutdalambentuktabel
PG
34
L2
·         Disajikan data bertemakanpendidikan , pesertadidikdapatmenyajikan data tersebutdalambentuk diagram batangatau diagram lingkaran
PG
35
Rata-rata hitungdan modus
L2
·         Disajikansekumpulan data, pesertadidikdapatmenentukan rata-rata data tersebut
PG
37
L1
·         Disajikansekumpulan data, pesertadidikdapatmenentukan modus data tersebut
PG
38
L3
·         Pesertadidikdapatmenyelesaikanmasalahpenalaran yang bertemakanmakhlukhidup yang  berkaitandengan rata-rata
UT
45



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

Jenis Sekolah             : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran          : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kurikulum                  : Irisan Kur 2006 & 2013
Alokasi Waktu           : 120 menit
Jumlah Soal                : 40 Pilihan Ganda; 5 Uraian
Tahun Pelajaran        : 2017/2018

NO
Lingkup Materi
Materi
Indikator Soal
No
Level Kognitif
Bentuk Soal
1
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
Peserta didik  dapat memberi contoh hubungan antar makhluk hidup (simbiosis)
1
L1
PG
2


Peserta didik  dapat menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap
2
L2
PG
3


Disajikan ilustrasi, peserta didik  dapat memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat
3
L3
PG
4

Penyesuaian diri makhluk hidup
Peserta didik  dapat menentukan cara adaptasi pada  hewan/tumbuhan tertentu
4
L1
PG
5


Disajikan 2 contoh tumbuhan/hewan dengan karakteristik yang berbeda, peserta didik  dapat membandingkan kedua tumbuhan/hewan tersebut (misal: biji, pertulangan daun, cara perkembangbiakannya, alat gerak, dll)
43
L2
UT
6

Pelestarian Lingkungan
Peserta didik  dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/ tumbuhan
5
L1
PG
7

Upaya manusia dalam pelestarian lingkungan
Disajikan ilustrasi tentang upaya kegiatan manusia dalam melestarikan tumbuhan/hewan, peserta didik  dapat memprediksi kemungkinan yang akan terjadi
6
L3
PG
8
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/ hewan tertentu bagi kehidupan manusia
7
L1
PG
9

Daur hidup hewan
Disajikan gambar/diagram  daur hidup hewan tertentu, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan lain yang mengalami daur hidup yang sama
8
L1
PG
10


Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia
9
L2
PG
11

Alat gerak dan fungsinya
Peserta didik dapat menyebutkan alat gerak /fungsinya pada hewan tertentu
10
L1
PG
12

Mekanisme sistem gerak
Disajikan gambar persendian, peserta didik dapat menentukan jenis sendi/arah geraknya.
11
L2
PG
13

Sistem pernapasan pada manusia/hewan
Disajikan gambar sistem pernapasan manusia/hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk
12
L1
PG
14

Sistem pencernaan pada manusia
Disajikan gambar sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk
13
L1
PG
15

Sistem peredaran darah pada manusia
Peserta didik dapat mengidentifikasi aliran darah pada peredaran darah besar/kecil.
14
L1
PG
16

Mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)
Peserta didik dapat menjelaskan sistem pernapasan/pencernaan/peredarah darah pada manusia.
15
L2
PG
17

Hubungan antara sistem organ dan gangguan yang ditimbulkan
Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara sistem organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah manusia dan gangguan yang ditimbulkan
44
L3
UT
18

Percobaan pada sistem organ
Disajikan data-data hasil pengamatan/gambar suatu percobaan tentang sistem organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah , peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan.
45
L3
UT
19

Pemeliharaan kesehatan organ
Peserta didik dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredarahan darah
16
L1
PG
20


Peserta didik dapat membandingkan kondisi kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah dari dua orang yang menjalankan pola hidup sehat dan tidak sehat
17
L2
PG
21

Perkembangbiakan makhluk hidup
Peserta didik dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan/hewan.
18
L1
PG
22

Perkembangan dan pertumbuhan manusia
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisik tiap tahap perkembangan manusia.
19
L1
PG
23

Hubungan antara daur hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis hubungan antara daur hidup/perkembangbiakandengan pelestarian makhluk hidup
46
L3
UT
24
Benda dan Sifatnya
Sifat Benda
Peserta didik dapat mengidentifikas sifat benda yang tersaji pada gambar
20
L 1
PG
25


Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan sifat benda untuk kegiatan manusia
21
L 2
PG
26

Perubahan Wujud Benda
Peserta didik dapat memberi contoh perubahan wujud benda
22
L 1
PG
27


Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan perubahan wujud benda untuk kegiatan manusia
23
L 2
PG
28


Disajikan gambar atau ilustrasi percobaan perubahan wujud benda, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan
47
L 3
UT
29
Energi dan Perubahannya
Gaya dan Gerak
Peserta didik dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda  melalui sajian gambar
24
L.1
PG
30


Peserta didik dapat menentukan jenis psesawat sederhana yang sesuai dengan kegiatan melalui  sajian gambar/ilustrasi
25
L 2
PG
31


Peserta didik dapat  Menentukan besar kuasa/beban pada permainan  jungkat jungkit dengan sajian ilistrasi dengan data yang lengkap
48
L 3
UT
32

Perubahan Energi
Peserta didik dapat  mengidentifikasi bentuk-bentuk energi yang terjadi berdasarkan sajian Ilistrasi
26
L 1
PG
33


Peserta didik dapat mengelompokkan alat-alat rumah tangga berdasarkan perubahan energi yang terjadi
27
L 2
PG
34


Peserta didik dapat memberi contoh perilaku hemat energi yang dapat diterapkan pada rumah tangga
49
L 3
UT
35

Suhu dan kalor
Peserta didik dapat menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas melalui sajian gambar
28
L 1
PG
36


Peserta didik dapat menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar
29
L 2
PG
37


Peserta didik dapat memberi contoh penerapan konsep  pemuaian/penyusutan dalam kehidupan sehari hari
50
L 3
UT
38

Bunyi dan Cahaya
Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung
30
L 1
PG
39


Peserta didik dapat menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar
31
L 2
PG
40


Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat cahaya bedasarkan sajian gambar percobaan
32
L 3
PG
41

Listrik dan Magnet
Disajikan gambar  magnet buatan, peserta didik dapat menentukan jenis magnet  buatan
33
L 1
PG
42


Peserta didik dapat menjelaskan fungsi komponen-komponen listrik yang digunakan di rumah tangga
34
L 2
PG
43


Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/ disambung
35
L 3
PG
44
Bumi dan Alam Semesta
Sumber Daya Alam
Peserta didik dapat menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar
36
L 1
PG
45


Disajikan ilustrasi kegiatan, peserta didik dapat menentukan sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui yang digunakan pada kegiatan tersebut
37
L 2
PG
46


Disajikan gambar atau ilustrasi kegiatan tentang pengambilan bahan alam, peserta didik dapat memprediksi dampak kegiatan tersebut terhadap pelestarian lingkungan
38
L 3
PG
47

Daur Air
Peserta didik dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu tahap daur air
39
L 1
PG
48


Peserta didik dapat menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar
40
L 2
PG
49


Peserta didik dapat memprediksi dampak kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air
51
L 3
UT
50

Sistem Tata Surya
Peserta didik dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan
41
L 1
PG



Peserta didik dapat membandingkan planet berdasarkan ciri-cirinya
42
L 2
PG

1 comment: