KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
Jenis Sekolah :
Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : Irisan Kur 2006 & 2013
Alokasi Waktu : 120
menit
Jumlah Soal :
45
Pilihan Ganda; 5
Uraian
Tahun Pelajaran : 2017/2018
NO
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
MEMBACA
|
||||||
1
|
Membaca
Nonsastra
|
Teks bacaan
|
·
Disajikan
teks bacaan tentang lingkungan 3-4 paragraf, peserta didik dapat menentukan
o kalimat utama
o ide pokok
o simpulan
o pernyataan sesuai dengan isi
o kalimat tanya
|
1
2
3
4
5
|
L1
|
PG
|
·
Disajikan
paragraf penjelasan tentang energi listrik dan perubahannya, peserta didik
dapat:
o
menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (bagaimana/Mengapa)
o
menentukan
antonim
o
menentukan sinonim
|
6
7
8
|
L2
L1
L1
|
PG
|
|||
Makna Kata/Istilah
|
·
Peserta
didik dapat memaknai kata/ istilah dalam paragraf yang tersaji
|
9
|
L1
|
PG
|
||
Paragraf
|
·
Disajikan
paragraf tentang kebersamaan dalam keberagaman, peserta didik dapat:
o
menanggapi isi paragraf
o
Menentukan
makna kata dalam paragraf
|
10
11
|
L3
L1
|
PG
PG
|
||
MEMBACA
|
||||||
Kalimat pernyataan
|
·
Disajikan
teks instruksi tentang penggunaan alat teknologi modern, peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang sesuai
|
12
|
L3
|
PG
|
||
Prediksi isi teks
|
·
Disajikan
teks penjelasan tentang energi alternatif, peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
|
13
|
L1
|
PG
|
||
Jenis-jenis paragraf
|
·
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis paragraf tersebut
|
14
|
L2
|
PG
|
||
Persamaan/ perbedaan isi paragraf
|
·
Disajikan
dua teks yang berbeda, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan isi
teks
|
15
|
L2
|
PG
|
||
Makna tersirat
|
·
Disajikan
paragraf peserta didik dapat menentukan makna tersirat paragraf
|
16
|
L3
|
UR
|
||
Teks bacaan
|
·
Disajikan
teks 3 – 4 paragraf peserta didik dapat
o
melengkapi
tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
o
menjawab
pertanyaan dengan kata tanya mengapa/bagaimana
|
17
18
|
L3
L2
|
UR
UR
|
||
2
|
Membaca
Sastra
|
Pantun
|
·
Disajikan
pantun, peserta didik dapat menentukan
o
sampiran/ isi pantun
o
Menafsirkan
pesan/amanat pantun
|
19
20
|
L1
L3
|
PG
PG
|
Cerita anak
|
·
Disajikan
cerita anak, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan
kata tanya:
o
Bagaimana/mengapa
o
Menentukan
tema cerita
o
Menentukan
keteladanan tokoh cerita
o
Menentukan
nilai moral positif dalam cerita
o
Menyimpulkan
cerita
|
21
22
23
24
25
|
L2
L2
L2
L2
L3
|
PG
PG
PG
PG PG |
||
Cerita fiksi sejarah
|
·
Disajikan
kutipan cerita fiksi sejarah, peserta didik dapat menentukan:
o
tokoh utamanya
o
sifat/watak
tokoh
o
latar
cerita
o
amanat
cerita
|
26
27
28
29
|
L1
L1
L1
L2
|
PG
PG
PG PG |
||
Dongeng
|
·
Disajikan
kutipan dongeng, peserta didik dapat
o
memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
o
Menentukan
maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
|
30
31
|
L3
L2
|
PG
PG
|
||
Makna simbol/
kias
|
·
Disajikan
teks beserta gambar logo (Pramuka/Pos Indonesia/ Koperasi/Jaya Raya), peserta didik dapat menentukan makna
simbol/ kias dalam kalimat
|
32
|
L1
|
PG
|
||
MENULIS
|
||||||
3
|
Istilah
|
·
Disajikan teks pendek tentang lingkungan,
peserta didik dapat melengkapi teks dengan istilah
|
33
|
L2
|
PG
|
|
Petunjuk penggunaan/ pemakaian
|
·
Disajikan susunan kalimat petunjuk penggunaan peralatan
sekolah / peralatan kebersihan yang diacak, peserta didik dapat menyusun
secara runtut
|
34
|
L2
|
PG
|
||
Kata
|
·
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat
melengkapi dengan kata
|
35
|
L2
|
PG
|
||
Petunjuk membuat sesuatu
|
·
Disajikan susunan kalimat petunjuk membuat sesuatu
yang diacak, peserta didik dapat menyusun secara runtut
|
36
|
L2
|
PG
|
||
Teks Iklan
|
·
Disajikan gambar tentang pelestarian
lingkungan, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat iklan
|
37
|
L2
|
PG
|
||
Peribahasa
|
·
Disajikan teks rumpang tentang nilai
perjuangan peserta didik dapat melengkapi dengan peribahasa
|
38
|
L2
|
PG
|
||
Paragraf / teks deskripsi
|
·
Disajikan gambar makhluk hidup / lingkungan, peserta
didik dapat menyusun paragraf deskripsi berdasarkan gambar
|
39
|
L3
|
UR
|
||
Kata baku
|
·
Disajikan kutipan pidato rumpang tentang hidup
sehat, peserta didik dapat melengkapi dengan kata baku
|
40
|
L2
|
PG
|
||
Teks narasi
|
·
Disajikan beberapa kalimat yang diacak,
peserta didik dapat menyusun menjadi paragraf narasi
|
41
|
L2
|
PG
|
||
MEMBACA
|
||||||
Membuat Laporan
|
·
Disajikan laporan rumpang tentang pengamatan
gejala alam, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat
|
42
|
L2
|
PG
|
||
Paragraf deskripsi
|
·
Disajikan paragraf deskripsi tentang tumbuhan
/ hewan peliharaan, peserta didik dapat menentukan gambar yang sesuai
|
43
|
L2
|
PG
|
||
Kalimat pembuka Pidato
|
·
Disajikan teks pidato persuasif rumpang, peserta
didik dapat melengkapi dengan kalimat
|
44
|
L2
|
PG
|
||
Ungkapan kata
|
·
Disajikan paragraf / kalimat, peserta didik dapat
melengkapi dengan ungkapan
|
45
|
L1
|
PG
|
||
Penggunaan kata
|
·
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menunjukkan kesalahan
penggunaan kata
|
46
|
L1
|
PG
|
||
Kata bentukan/ kata berimbuhan
|
·
Disajikan teks/kalimat
rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata bentukan
|
47
|
L2
|
PG
|
||
Petunjuk penggunaan
|
·
Disajikan gambar barang elektronik, peserta
didik dapat membuat paragraf petunjuk penggunaan
|
48
|
L3
|
UR
|
||
Penggunaan kata
|
·
Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat
memperbaiki penulisan/penggunaan kata
|
49
|
L3
|
PG
|
||
4
|
Menyunting kata/istilah, frase
|
Ejaan
|
·
Disajikan paragraf,
peserta didik dapat memperbaiki kesalahan ejaan pada paragraf
|
50
|
L2
|
UR
|
Tanda baca
|
·
Disajikan
paragraf/kalimat, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan tanda baca pada
kalimat
|
51
|
L2
|
PG
|
||
Penggunaan istilah
|
·
Disajikan
paragraf/kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan istilah
|
52
|
L2
|
PG
|
||
Kata bentukan/ berimbuhan
|
·
Disajikan kalimat,
peserta didik dapat memperbaiki penggunaan kata bentukan/berimbuhan pada
kalimat
|
53
|
L2
|
PG
|
||
Tata kalimat
|
·
Disajikan paragraf,
peserta didik dapat memperbaiki tata kalimat pada paragraf
|
54
|
L2
|
PG
|
||
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
Jenis Sekolah :
Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Matematika
Kurikulum : Irisan Kur 2006 & 2013
Alokasi Waktu : 120
menit
Jumlah Soal :
40
Pilihan Ganda; 5
Uraian
Tahun Pelajaran : 2017/2018
NO
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
Bentuk soal
|
Nomor soal
|
1
|
Bilangan
|
Operasihitung
Bilangan cacah
|
L1
|
·
Peserta didik dapat
menentukan
hasil operasi penjumlahan dan
pengurangan bilangancacah
(minimal empat angka)
|
PG
|
1
|
L1
|
·
Peserta didik dapat
menentukan hasi loperasi
perkalian dan
pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya
|
PG
|
2
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah penalaranyang melibatkan operasi
hitung perkalian
dan
pembagian bilangan cacah (operasihitungcampur)
|
UT
|
39
|
|||
Operasi hitung
bilangan bulat
|
L2
|
· Peserta
didik dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat (minimal tiga
bilangan dua angka)
|
PG
|
3
|
||
L2
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi
hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
|
PG
|
4
|
|||
Operasi hitung bilangan
pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga
|
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung hasil operasi hitung
penjumahan atau pengurangan bilangan
pangkat dua dan akar pangkat dua
|
PG
|
5
|
||
L1
|
·
Peserta didik dapat menentukan akar pangkat tiga suatu
bilangan
|
PG
|
6
|
|||
L3
|
· Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi
hitung bilangan akar pangkat tiga
|
PG
|
7
|
|||
KPK
dan FPB
|
L1
|
· Peserta didik menentukan FPBatau KPK daritigabilangan/duaangka
|
PG
|
8
|
||
L2
|
· PesertadidikdapatmenentukanFPB
atau KPK dari dari
tiga bilangan/ dua angka dalam bentuk
faktorisasi
|
PG
|
9
|
|||
L3
|
· Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah penalaran
yang berkaitan dengan
FPB atau KPK
|
UT
|
40
|
|||
Pecahan
|
L1
|
· Peserta didik dapat mengurutkan
berbagai bentuk pecahan
|
PG
|
10
|
||
L1
|
·
Peserta didik dapat menjumlahkan atau mengurangi berbagai bentukp
ecahan
|
PG
|
11
|
|||
L1
|
·
Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian bilangan
pecahan
|
PG
|
12
|
|||
L3
|
·
Peserta
didik dapat menyelesaikan
masalah penalaranyang
melibatkan operasi hitung
bilangan
pecahan
|
UT
|
41
|
|||
Perbandingan
|
L2
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan
masalah yang
melibatkan perbandingan
senilai dengan tema tertentu
|
PG
|
13
|
||
L2
|
· Peserta didik
dapat menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan
temate rtentu
|
PG
|
14
|
|||
Satuan ukuran kuantitas,
satuan berat, satuan panjang,
satuan waktu, satuan volum
|
L2
|
·
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan
berat yang berbeda.
|
PG
|
15
|
||
L2
|
·
Peserta didik dapat menyelesaika nsoal
yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang
yang berbeda
|
PG
|
16
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan soal
yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu
yang berbeda
|
PG
|
17
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan soal
yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas
yang berbeda
|
PG
|
18
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan operasi hitung konvers isatuan volume yang berbeda
|
UT
|
42
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang
berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
|
UT
|
43
|
|||
Luas dan keliling segi empat
Luas dan Keliling lingkaran
|
L2
|
·
Peserta didik dapat menentukan luas atau keliling bangun segi empat
|
PG
|
19
|
||
L2
|
·
Peserta didik dapat menentukan luas atau keliling bangun lingkaran atau bagian dari lingkaran
(setengah, seperempat, atau tiga perempat)
|
PG
|
20
|
|||
Sifat-sifat bangun datar
|
L1
|
·
Disajikan sifat-sifat bangun datar,
peserta didik dapat menentukan bangun datar tersebut
|
PG
|
21`
|
||
L1
|
·
Disajikan gambar bangun datar,
peserta didik dapat menentukan sifat-sifatnya.
|
PG
|
22
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung hasil luas gabungan dua bangun datar
yang berbeda
|
PG
|
23
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran
yang berkaitan dengan lua sbangun datar
|
PG
|
24
|
|||
Sifat-sifat bangun ruang
|
L1
|
·
Disajikan sifat-sifat bangun ruang,
peserta didik dapat menentukan bangun ruang tersebut
|
PG
|
25
|
||
L1
|
·
Disajikan gambar bangun ruang,
peserta didik dapat menentukan sifat-sifatnya.
|
PG
|
26
|
|||
L2
|
·
Disajikan gambar balok dengan ukurannya,
peserta didik dapat menentukan luas permukaan bangun balok
|
PG
|
27
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung volum bangun balok atau kubus
|
PG
|
28
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung volum bangun tabung
|
PG
|
29
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung volum dari gabungan dua bangun ruang
yang berbeda.
|
PG
|
30
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan volum bangun ruang
|
UT
|
44
|
|||
Koordinat Kartesius
|
L2
|
·
Peserta didik dapat
menentukan salah satu
koordinat bangun
datar yangbelum diketahui
|
PG
|
31
|
||
Simetri dan pencerminan
|
L1
|
·
Peserta didik dapat menentukan hasil pencerminan bangun datar
|
PG
|
32
|
||
L1
|
·
Peserta didikdapat
menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu bangun datar
|
PG
|
33
|
|||
3
|
Pengolahan
Data
|
Penyajian data dalambentuktabel, diagram batang, dan diagram
lingkaran
|
L2
|
·
Disajikan data
tentangkegiatanekonomi, pesertadidikdapatmenyajikan data
tersebutdalambentuktabel
|
PG
|
34
|
L2
|
·
Disajikan data bertemakanpendidikan
, pesertadidikdapatmenyajikan data tersebutdalambentuk diagram batangatau
diagram lingkaran
|
PG
|
35
|
|||
Rata-rata hitungdan modus
|
L2
|
·
Disajikansekumpulan
data, pesertadidikdapatmenentukan rata-rata data tersebut
|
PG
|
37
|
||
L1
|
·
Disajikansekumpulan
data, pesertadidikdapatmenentukan modus data tersebut
|
PG
|
38
|
|||
L3
|
·
Pesertadidikdapatmenyelesaikanmasalahpenalaran
yang bertemakanmakhlukhidup yang
berkaitandengan rata-rata
|
UT
|
45
|
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
Jenis Sekolah :
Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Kurikulum : Irisan Kur 2006 & 2013
Alokasi Waktu : 120
menit
Jumlah Soal :
40
Pilihan Ganda; 5
Uraian
Tahun Pelajaran : 2017/2018
NO
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
1
|
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
|
Hubungan antar makhluk hidup dengan
lingkungannya
|
Peserta didik dapat memberi contoh hubungan
antar makhluk hidup (simbiosis)
|
1
|
L1
|
PG
|
2
|
Peserta didik dapat menentukan organisme yang dapat
menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap
|
2
|
L2
|
PG
|
||
3
|
Disajikan ilustrasi, peserta
didik dapat memprediksi perubahan yang
terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan
punah atau berkembang dengan pesat
|
3
|
L3
|
PG
|
||
4
|
Penyesuaian diri makhluk hidup
|
Peserta didik dapat menentukan cara adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
4
|
L1
|
PG
|
|
5
|
Disajikan 2 contoh tumbuhan/hewan
dengan karakteristik yang berbeda, peserta didik dapat membandingkan kedua tumbuhan/hewan
tersebut (misal: biji, pertulangan daun, cara perkembangbiakannya, alat
gerak, dll)
|
43
|
L2
|
UT
|
||
6
|
Pelestarian Lingkungan
|
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan
melestarikan hewan/ tumbuhan
|
5
|
L1
|
PG
|
|
7
|
Upaya manusia dalam pelestarian
lingkungan
|
Disajikan ilustrasi tentang upaya
kegiatan manusia dalam melestarikan tumbuhan/hewan, peserta didik dapat memprediksi kemungkinan yang akan
terjadi
|
6
|
L3
|
PG
|
|
8
|
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
|
Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan
fungsinya
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
bagian tubuh tumbuhan/ hewan tertentu bagi kehidupan manusia
|
7
|
L1
|
PG
|
9
|
Daur hidup hewan
|
Disajikan gambar/diagram daur hidup hewan tertentu, peserta didik
dapat mengidentifikasi hewan lain yang mengalami daur hidup yang sama
|
8
|
L1
|
PG
|
|
10
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik
dapat menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan
atau menguntungkan manusia
|
9
|
L2
|
PG
|
||
11
|
Alat gerak dan fungsinya
|
Peserta didik dapat menyebutkan alat
gerak /fungsinya pada hewan tertentu
|
10
|
L1
|
PG
|
|
12
|
Mekanisme sistem gerak
|
Disajikan gambar persendian, peserta
didik dapat menentukan jenis sendi/arah geraknya.
|
11
|
L2
|
PG
|
|
13
|
Sistem pernapasan pada manusia/hewan
|
Disajikan gambar sistem pernapasan
manusia/hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang
ditunjuk
|
12
|
L1
|
PG
|
|
14
|
Sistem pencernaan pada manusia
|
Disajikan gambar sistem pencernaan
makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk
|
13
|
L1
|
PG
|
|
15
|
Sistem peredaran darah pada manusia
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
aliran darah pada peredaran darah besar/kecil.
|
14
|
L1
|
PG
|
|
16
|
Mekanisme sistem organ (pernapasan,
pencernaan, dan peredaran darah)
|
Peserta didik dapat menjelaskan sistem
pernapasan/pencernaan/peredarah darah pada manusia.
|
15
|
L2
|
PG
|
|
17
|
Hubungan antara sistem organ dan
gangguan yang ditimbulkan
|
Peserta didik dapat menganalisis
hubungan antara sistem organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah
manusia dan gangguan yang ditimbulkan
|
44
|
L3
|
UT
|
|
18
|
Percobaan pada sistem organ
|
Disajikan data-data hasil
pengamatan/gambar suatu percobaan tentang sistem organ pernapasan/pencernaan
makanan/peredaran darah , peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan.
|
45
|
L3
|
UT
|
|
19
|
Pemeliharaan kesehatan organ
|
Peserta didik dapat menjelaskan cara
memelihara kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredarahan darah
|
16
|
L1
|
PG
|
|
20
|
Peserta didik dapat membandingkan
kondisi kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah dari
dua orang yang menjalankan pola hidup sehat dan tidak sehat
|
17
|
L2
|
PG
|
||
21
|
Perkembangbiakan makhluk hidup
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan/hewan.
|
18
|
L1
|
PG
|
|
22
|
Perkembangan dan pertumbuhan manusia
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri fisik tiap tahap perkembangan manusia.
|
19
|
L1
|
PG
|
|
23
|
Hubungan antara daur
hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik
dapat menganalisis hubungan antara daur hidup/perkembangbiakandengan
pelestarian makhluk hidup
|
46
|
L3
|
UT
|
|
24
|
Benda dan Sifatnya
|
Sifat Benda
|
Peserta didik dapat mengidentifikas
sifat benda yang tersaji pada gambar
|
20
|
L 1
|
PG
|
25
|
Peserta didik dapat menjelaskan
pemanfaatan sifat benda untuk kegiatan manusia
|
21
|
L 2
|
PG
|
||
26
|
Perubahan Wujud Benda
|
Peserta didik dapat memberi contoh
perubahan wujud benda
|
22
|
L 1
|
PG
|
|
27
|
Peserta didik dapat menjelaskan
pemanfaatan perubahan wujud benda untuk kegiatan manusia
|
23
|
L 2
|
PG
|
||
28
|
Disajikan gambar atau ilustrasi
percobaan perubahan wujud benda, peserta didik dapat menyimpulkan hasil
percobaan
|
47
|
L 3
|
UT
|
||
29
|
Energi dan Perubahannya
|
Gaya dan Gerak
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda
melalui sajian gambar
|
24
|
L.1
|
PG
|
30
|
Peserta didik dapat menentukan jenis psesawat
sederhana yang sesuai dengan kegiatan melalui
sajian gambar/ilustrasi
|
25
|
L 2
|
PG
|
||
31
|
Peserta didik dapat Menentukan besar kuasa/beban pada
permainan jungkat jungkit dengan
sajian ilistrasi dengan data yang lengkap
|
48
|
L 3
|
UT
|
||
32
|
Perubahan Energi
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk energi yang
terjadi berdasarkan sajian Ilistrasi
|
26
|
L 1
|
PG
|
|
33
|
Peserta didik dapat mengelompokkan
alat-alat rumah tangga berdasarkan perubahan energi yang terjadi
|
27
|
L 2
|
PG
|
||
34
|
Peserta didik dapat memberi contoh
perilaku hemat energi yang dapat diterapkan pada rumah tangga
|
49
|
L 3
|
UT
|
||
35
|
Suhu dan kalor
|
Peserta didik dapat menentukan
benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas melalui sajian gambar
|
28
|
L 1
|
PG
|
|
36
|
Peserta didik dapat menunjukkan bagian
alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan
gambar
|
29
|
L 2
|
PG
|
||
37
|
Peserta didik dapat memberi contoh
penerapan konsep pemuaian/penyusutan
dalam kehidupan sehari hari
|
50
|
L 3
|
UT
|
||
38
|
Bunyi dan Cahaya
|
Peserta didik dapat menyebutkan
benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung
|
30
|
L 1
|
PG
|
|
39
|
Peserta didik dapat menentukan arah
bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar
|
31
|
L 2
|
PG
|
||
40
|
Peserta didik dapat menjelaskan
sifat-sifat cahaya bedasarkan sajian gambar percobaan
|
32
|
L 3
|
PG
|
||
41
|
Listrik dan Magnet
|
Disajikan gambar magnet buatan, peserta didik dapat
menentukan jenis magnet buatan
|
33
|
L 1
|
PG
|
|
42
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
komponen-komponen listrik yang digunakan di rumah tangga
|
34
|
L 2
|
PG
|
||
43
|
Disajikan gambar rangkaian listrik,
peserta didik dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu
saklar diputus/ disambung
|
35
|
L 3
|
PG
|
||
44
|
Bumi dan Alam Semesta
|
Sumber Daya Alam
|
Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar
|
36
|
L 1
|
PG
|
45
|
Disajikan ilustrasi kegiatan, peserta
didik dapat menentukan sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak
dapat diperbaharui yang digunakan pada kegiatan tersebut
|
37
|
L 2
|
PG
|
||
46
|
Disajikan gambar atau ilustrasi
kegiatan tentang pengambilan bahan alam, peserta didik dapat memprediksi
dampak kegiatan tersebut terhadap pelestarian lingkungan
|
38
|
L 3
|
PG
|
||
47
|
Daur Air
|
Peserta didik dapat menjelaskan proses
yang terjadi pada salah satu tahap daur air
|
39
|
L 1
|
PG
|
|
48
|
Peserta didik dapat menentukan tahapan
daur air berdasarkan gambar
|
40
|
L 2
|
PG
|
||
49
|
Peserta didik dapat memprediksi dampak
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air
|
51
|
L 3
|
UT
|
||
50
|
Sistem Tata Surya
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
gambar terjadinya gerhana matahari/bulan
|
41
|
L 1
|
PG
|
|
Peserta didik dapat membandingkan planet
berdasarkan ciri-cirinya
|
42
|
L 2
|
PG
|
Soalnya mana ya
ReplyDelete